web analytics

Kolang-Kaling [7]: Adegan Film yang Berkesan

sumber: imdb.com

Itu selamatan untuk kucing yang mati terlindas saat suaminya keluar membawa mobil dari garasi. Sang kucing sedang tertidur persis di bawah ban. Saking nyenyaknya, tidak sadar kalau mobil dinyalakan.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Sebagai penggemar film tentu saja saya sudah melihat banyak film. Dari berbagai film itu tentu saja ada beberapa adegan yang berkesan bagi saya. Karenanya saya menyukainya. Kadang saya ingin melihatnya lagi khususnya pada adegan ini.

Berikut adegan-adegan yang saya suka itu:

1. Di film ‘Twister’.
Saya suka saat adegan pemeran prianya, Bill Harding yang diperankan Bill Paxton, mengambil segenggam pasir dan menuangkannya. Dia adalah ahli badai. Hanya dengan menuangkan pasir dan tertiup angin, dia tahu akan ada badai dalam waktu beberapa saat lagi. Bahkan tahu posisi badainya dimana.

Saya kagum akan pengetahuannya. Dia dapat memiliki pengetahuan ini, karena dia sangat fokus belajar tentang ini. Dia memiliki ‘passion’ dengan hal ini. Sehingga apapun yang dia kerjakan terkait dengan badai. Bahkan mimpi pun terkait dengan badai.

Saya kagum dengan orang-orang seperti ini. Mendedikasikan hidupnya untuk belajar pada sesuatu hal. Sehingga dia ahli pada hal ini.

2. Di film ‘The Negotiator’.
Adegan tokoh Danny Roman (diperankan Samuel L. Jackson) yang sedang mengintrogasi tokoh Terence Niebaum (diperankan oleh J.T. Walsh). Di sini tampak kepakaran Danny dalam bidang komunikasi. Dia tahu bagaimana Niebaum melakukan kebohongan saat diintegrogasi. Bahkan saat Niebaum tahu Roman melihat gesture apa yang dilihat dan tidak menunjukkan, Roman juga tahu dia tetap bohong. Yakni melihat gesture tubuh lainnya.

Seperti Bill Harding yang ahli badai, saya kagum dengan Roman yang ahli komunikasi ini (negosiasi). Saya kagum akan dedikasi sehingga begitu memiliki pengetahuan dan ketrampilan berkomunikasi.

3. Di film ‘City of Angels’.
Adegan ini memang saya suka. Tapi tidak mau saya tiru, karena berbahaya. Lho? Iya adegan yang suka adalah saat Dr. Maggie Rice (yang diperankan oleh Meg Ryan) perjalanan ke cottage dari berbelanja di kota. Dengan mengayuh sepeda, dia memang suka naik sepeda, dia menikmati masa-masa hidupnya. Apalagi saat jalan menurun.

Saat menurun seperti ini dia tidak perlu mengayuh. Dia pejamkan matanya dan meluruskan tangannya ke samping kanan-kiri. Saat seperti ini dia sangat menikmati hidupnya. Seakan dengan meluruskan tangan ini dia ingin menghirup semua energi yang ada di sekelilingnya. Benar-benar asyik.

Saya sendiri sering melakukan seperti ini. Tapi bukan dengan bersepeda, tapi saat jogging. Itu pun saat berjalan. Memang terasa nikmat. Silakan dicoba kalau tidak percaya. Hehehe.

4. Di film ‘The Matrix’.
Sebenarnya banyak adegan yang saya suka di trilogi Matrix ini. Seperti kejar-kejaran di jalan tol, penyerbuan ke markas Agent Smith untuk membebaskan Morpheus atau perkelahian Neo sesaat setelah bertemu dengan Oracle. Tapi yang paling suka adalah adegan pembuka di seri pertama, ‘The Matrix’. Yakni saat Trinity (diperankan oleh Carrie-Anne Moss) disergap oleh serombolan polisi. Tapi kemudian dia membebaskan diri. Tapi dia dikejar-kejar timnya Agent Smith.

Adegan seperti meloncat ke gedung seberang, dan melompat meluncur menembus sebuah jendela. Saat seperti ini diiringi lagu soundtrack dari ‘Rage Against Machine”. Keren banget. Saya suka saat Trinity bilang, “Wake up, wake up Trinity” yang memberi semangat pada dirinya untuk tidak menyerah ditangkap oleh tim dari agent Smith.

5. Di film ‘Saving Private Ryan’.
Adegan pembuka dari film ‘Saving Private Ryan’ juga saya suka. Bukan si Ryan yang tua yang berkunjung ke makam. Tapi saat penyerbuan tentara sekutu yang mendarat di pantai Normandia. Pertahanan Jerman yang kuat membuat banyak korban di pihak sekutu. Adegan pertempuran sengit ini yang saya suka.

Melihat adegan ini rasanya perlu persiapan yang cukup sebelum melakukan kegiatan besar. Persiapan itu pun ternyata tidak cukup, tapi juga keberuntungan. [PR, 21/11/2012]

~~~
Tidak seperti serial tulisan saya lainnya, serial ‘Kolang-Kaling’ ini adalah tulisan saya yang warna-warni. Tidak ada benar merah tema yang diusung. Yang jelas adanya keinginan menulis. Maka tulisan serial ini ada. Hehehe. Anda bisa membaca tulisan saya pada serial-serial yang serius di http://enerlife.web.id

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, pembicara publik tentang IT, host radio, pengajar sekaligus praktisi IT. Aktif menulis dan beberapa bukunya telah terbit. Yang terbaru, “Jurus Sakti Memberangus Virus Pada Komputer, Handphone & PDA”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya, http://yusuf.web.id atau di Facebooknya, http://facebook.com/mcd.yusuf .

4,681 total views, 2 views today

About Mochamad Yusuf

Mochamad Yusuf was born in Surabaya on December, 29th. After passed his education in Communication Studies from University of Airlangga in 1995, he worked in SCTV as a promotion producer until 1998. Then, he has joined SAM Design, a well-known company for website developing and application. More than 134 websites and application projects have been done there. Yusuf also speaks in many public seminars and radios, as well as teaches at STIKOM and Christian University of Petra Surabaya. Yusuf likes to read, write and watch the movies. You can see his writings on Jawa Pos, Surabaya Post, also internet media. His book has been published, "99 Jurus Sukses Mengembangkan Bisnis Lewat Internet". He has achieved some regional and national awards too. You also monitor his activities in Facebook profile, http://www.facebook.com/mcd.yusuf or personal website, http://m.yusuf.web.id.

21. November 2012 by Mochamad Yusuf
Categories: All, Blog, Gaya Hidup | Tags: , , | 1 comment

One Comment

  1. Pingback: Sebagai penggemar film, tentu saja sudah « ..| Home of Mochamad Yusuf |..

Leave a Reply

Required fields are marked *


CommentLuv badge

Subscribe without commenting

%d bloggers like this: